Apa Itu TikTok ADS untuk Berjualan? Berikut Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya!

Apa Itu Tiktok Ads?TikTok Ads adalah fitur yang disediakan oleh platform TikTok sebagai social media marketing yang digunakan sebagai promosi dan dibayarkan oleh brand atau pembuat content yang ditampilkan kepada audiens target tertentu dan bertujuan untuk menyebarkan kesadaran tentang suatu brand atau menjual produk atau layanan tertentu.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah TikTok ads gratis?

Sama seperti sosial media lainnya yang menyediakan fitur Ads atau iklan, TikTok Ads juga berbayar

Fungsi ads TikTok adalah sebagai bagian dari strategi pemasaran multichannel yang bisa dapat membantu bisnis untuk mencapai audiens yang lebih luas.

Misalnya, TikTok untuk bisnis dapat memperkenalkan produk baru dan kemudian memperkuat kampanye itu melalui platform pemasaran lain seperti Instagram atau Facebook.

Jenis TikTok Ads

TikTok cukup variatif dalam menyediakan format iklan di platform-nya. Terdapat beberapa cara yang efektif untuk beriklan di TikTok, bergantung pada siapa yang ingin kamu jangkau.

Lalu, apa saja jenis iklan di TikTok?

Yuk! kita simak jenis-jenis TikTok Ads di bawah ini.

1 In-Feed Ads

In-Feed Ads adalah tambahan baru untuk format iklan di TikTok. In-Feed Ads dirancang agar tidak mengganggu tampilan pengguna dan munculnya juga mirip seperti FYP pengguna.

Untuk alasan tersebut, iklan terlihat lebih berinteraksi dan seringkali terlihat lebih terpercaya.

Iklan ini akan tetap menampilkan tulisan “promoted” atau “promosi” agar pengguna dapat membedakan antara konten organik dan konten iklan.

Apabila tulisan tersebut diklik, nantinya akan mengarahkan pengguna ke akun atau situs web yang dipasang pengiklan.

In-Feed Ads cocok untuk menjangkau audiens yang sudah engaged dengan aplikasi. Jenis iklan ini cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness dan jumlah download.

Untuk memaksimaklan iklan TikTok, kamu bisa menggunakan TikTok Agency  ya.

2 TopView Ads

Jenis iklan yang mencapai 60 detik ini biasanya muncul di urutan paling atas setiap kali pengguna membuka aplikasi setiap harinya.

Dengan kata lain, iklan ini akan menjadi video pertama yang pengguna lihat, sehingga membantu meningkatkan brand awareness.

Dengan durasi hingga 60 detik, biasanya brand akan menggunakan video dengan kualitas yang sangat baik dan menghibur calon konsumen.

Kamu juga bisa mengarahkan pengguna untuk klik link terkait brand atau produk yang kamu tawarkan.

Tipsnya adalah: perhatikan kualitas video, buatlah cerita yang menarik dan mudah untuk diikuti, dan sematkan CTA yang kuat dan jelas.

3 Spark Ads

Spark Ads juga termasuk jenis iklan baru yang dipromosikan oleh TikTok. Bisnis atau brand dapat menggunakan konten organik mereka untuk ditampilkan ke lebih banyak orang lewat Spark Ads.

Iklan ini akan terputar otomatis di FYP pengguna dan dapat memuat link ke situs web atau destinasi lainnya seperti profil atau aplikasi.

Tipsnya kamu bisa siapkan video pendek kurang dari 15 detik dengan teks dan CTA yang jelas.

4 Branded Effect

Untuk meningkatkan potensi interaksi dengan konsumen, TikTok memberi kesempatan untuk brand bisa membuat personalized filter mereka sendiri yang bisa bertahan hingga 10 hari.

Branded Effect termasuk menampilkan logo dari brand, sering kali digunakan oleh brand untuk mempromosikan produk atau layanan, dan bisa menjadi sangat efektif dalam menangkap perhatian audiens.

5 Hashtag Challenge

Jenis iklan ini adalah spesial iklan yang muncul sebagai promoted video di aplikasi. Hashtag Challenge TikTok Ads secara spesifik didesain untuk disebarkan sebagai tantangan di antara pengguna dan umumnya termasuk di dalamnya terdapat CTA untuk mem-follow brand atau akun produk penyelenggara.

Ketika kamu klik Hashtag Challenge tersebut, kamu akan dibawa ke landing page dari brand tersebut. Di mana kamu bisa melihat produk mereka dan mengakses video-video yang muncul dan mengikuti Hashtag Challenge tersebut.

Tips untuk beriklan dengan membuat Hashtag Challenge ini adalah: Buatlah video yang singkat dan menarik tidak lebih dari 15 detik, membuat slogan yang ringan dan mudah diingat sehingga orang juga merasa mudah untuk menyebarkannya. Terakhir, jangan lupa tampilkan elemen visual yang kuat untuk menarik perhatian audiens, seperti misalnya kamu punya maskot atau trademark yang catchy.

6 Brand Takeover

Salah satu jenis iklan di TikTok yang memakai keseluruhan layar dari aplikasinya dan biasanya konten yang tampil berkualitas jernih dan baik, namun tetap menarik dan digunakan untuk memberikan kesan yang kuat kepada audiens.

Brand Takeover jadi iklan yang paling eksklusif di TikTok. Selain iklannya akan muncul seukuran layar penuh ketika pengguna membuka aplikasi, brand tersebut juga mendapatkan eksklusivitas karena hanya ada satu Brand Takeover per kategori per negara dan per harinya.

Jadi bisa dikatakan, Traveloka & Blibli tampil seharian penuh di Indonesia di kategori masing-masing.